Manfaat Coding Bagi Kita


Halo Sahabat, Assalamu’alaikum J

Yuk kita ngomongi teknologi dulu!
Teknologi Komputer adalah hal yang paling mengesankan, sesuatu yang begitu cepat berubah. Bayangkan selama sejarah evolusi manusia, manusia membutuhkan ratusan bahkan ribuan tahun untuk menemukan teknologi sederhana seperti Pisau, Kapak, Bahasa, dsb.
Tetapi semua berubah setelah negara api menyerang. Ups fokus!!!. Sekarang lihat, setelah Analyticl Engine diciptakan oleh Charles Babage pada 1856, kita tak butuh waktu lama untuk melakukan evolusi pada teknologi-teknologi komputer selanjutnya hingga sekarang menjadi hal yang tidak bisa kita lepaskan mulai dari kalkulator sederhana, handphone pertama Sahabat sampai Smartphone yang sekarang sedang digenggaman (mungkin saja saat membaca artikel ini Sahabt sedang menggunakan Smartphone), sampai komputer super canggih milik pemerintah negara-negara maju., sederhananya, Sahabat akan melihat produk baru dari teknologi hampir setiap detik. Ya, hampir setiap detik ada penemuan baru di bidang teknologi.

Lau pertanyaan saya, Sahabat mau jadi yang mana? terlibat dalam perkembangan teknologi atau Cuma ingin jadi pengguna teknologi? Lebih keren kalau Sahabat bisa terlibat langsung dalam perkembangan teknologi donk, salah satunya adalah dengan belajar bahasa pemrograman yang aktifitas utamanya adalah coding.

selain berkontribusi terhadap kemajuan teknolgi yang semakin pesat ternyata ada banyak sekali manfaat Coding bagi kita lho, apa saja manfaatnya? yuk disimak Sahabat:

1. Melatih Daya Pikir

Belajar bahasa pemrograman tidak hanya seperti halnya belajar bahasa baru seperti Bahasa Inggris, Bahasa Korea, dsb. Kita juga harus melatih logika kita untuk membangun algoritma. tujuan pembuatan aplikasi adalah untuk menyederhanakan masalah agar lebih cepat dan efektif dalam menyelesaikannya, sehingga Sahabat dituntut untuk memiliki logika yang kuat agar dapat melakukan penyelesaian masalah dengan membangun program tangguh.

2. Melatih Ketelitian

Bahasa pemrograman itu menuntut kejelian, karena kesalahan sekecil apapun dalam proses coding, program kita bisa saja tidak jalan. Bayangkan jika kita telah menulis ratusan baris kode dan ada satu baris saja yang lupa kita kasih syntax penutup seperti semicolone (;). banyak teman-teman saya yang langsung tutup laptop gara-gara pusing harus mencari baris mana yang salah.

3. Mengembangkan Potensi Diri

Sebagai problem solver, Progammer di tuntut untuk menguasai banyak bidang sehingga diharuskan untuk selalu belajar, ini dikarenakan
a.       Bahasa pemrograman sendiri selalu berevolusi, misalnya saja HTML yang sekarang sudah di versi 5 sehingga kita harus belajar lagi tentang fitur-fitur barunya.
b.    Kita tidak bisa menduga aplikasi apa yang diminta klien, tiba-tiba kita diminta untuk membuat aplikasi mengenai Sistem Blablabla sedangkan kita sama sekali tidak mengetahui bagaimana proses sistem blablaba tersebut bekerja, maka kita harus mempelajarinya

Sahabat, Tahu tidak kalau ternyata artis cantik Prisia nasution dulunya juga merupakan programmer, Mark Zuckenberg juga programmer, Andrew Darwis juga,  So kalau Sahabat bisa jadi master programmer dan menghasilkan karya yang bisa bermanfaat bagi orang lain, itu luar biasa kan.

Semoga dengan artikel mengenai Manfaat coding bagi kita dapa memberikan motivasi kepada Sahabat untuk memulai, dan kalu yang sudah memulai bisa lebih serius mendalami bahasa pemrograman dan mencintai aktifitas coding.


Salam

Sahabat Inspirasi
SHARE

Hendri Triwanto

Hi, Saya Hendri Triwanto, seorang newbie di dunia Blogging yang ingin terus belajar dan berbagi ilmu.

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar