Pengalaman Belajar Coding versi Mahasiswa Miskin


Assalamualaikum sahabat inspirasi

Selamat siang, kali ini Saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman Saya belajar coding saat Saya sebagai mahasiswa miskin yang belum punya komputer atau laptop pribadi.

Karena banyak teman-teman saya yang mengeluh susah mempelajari bahasa pemrograman karena beralasan tidak punya laptop atau yg sebenarnya punya tetapi hanya malas, semoga artikel ini bisa memberi semangat kepada adik-adik yang ingin belajar coding dengan alat-alat terbatas.

langsung saja nih ceritanya,

Waktu itu Saya dipusingkan dengan banyaknya tugas dari dosen tentang mata kuliah bahasa pemrograman, paskal, vb, php sedangkan Saya sama sekali tidak mampu membeli komputer maupun laptop, kalaupun bisa meminjam kepada teman, pasti waktu kita terbatas belum lagi untuk mencari referensi-referensi melalui buku dan internet.

pilihan Saya kemudian jatuh ke warnet, tetapi komputer warnet yang terkadang tidak bisa kita install sembarang aplikasi juga membuat Saya frustasi, Saya bingung bagaimana harus belajar bikin program, komputer saja belum punya.

Akhirnya saya mencari cara, akhirnya Saya menemukan berbagai tools agar tetap bisa belajar meski bukan di komputer sendiri, modal saya hanya Flashdisk, apa saja yg telah membantu saya?

1. Online Compiler

Online compiler adalah sebuat situs yang menyediakan tools untuk melakukan kompilasi terhadap kode program yang sudah kita tulis secara online, banyak sekali situs yang menyediakan online compiler untuk berbagai bahasa pemrograman seperti Visual Basic, Pascal, Java, PHP, dsb.

2. Portable App

Kalau online compiler membutuhkan koneksi internet, maka portable ini bisa kita gunakan dimanapun secara offline dan tanpa perlu di install, jadi yang pinjam laptop teman tetap bisa membuat dan menyimpan project kita secara aman di flashdisk dan men-compile program tanpa harus mengintall ini itu di laptop si doi, misalnya Xampp portable.

Jadi, sebenarnya yang terpenting bukan tentang apa yang kita punya, tetapi semangat dan kemauan yang harus dimiliki oleh setiap dari diri kita, banyak yang punya fasilitas tapi malas ujung-ujungnya kaya ga berguna fasilitasnya.

Semoga sahabat semua terus semangat setelah membaca artikel ini, good luck

Salam Sahabat


SHARE

Hendri Triwanto

Hi, Saya Hendri Triwanto, seorang newbie di dunia Blogging yang ingin terus belajar dan berbagi ilmu.

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar